Yuk Kita Mengenal Struktur Pondasi

0
Posted in Bisnis By Admin

Mengenal Struktur Pondasi, Pondasi adalah bagian paling dasar suatu konstruksi yang merupakan titik tumpu kapabilitas struktur bangunan dan dapat membelinya di material bangunan murah di jakarta. Pondasi berfungsi sebagai penahan semua beban (beban mati dan hidup) konstruksi bangunan dan meneruskan beban dari struktur bagian atas banguan (upper-structure) ke lapisan tanah dasar.

Untuk membuahkan bangunan yang kokoh, pondasi terhitung harus direncanakan dan ditunaikan dengan terlalu hati-hati. Pondasi harus diperhitungkan sedemikian rupa baik dari aspek dimensi maupun secara analitis mekanis.

Setiap pondasi bangunan harus direncanakan berdasarkan jenis, kapabilitas dan energi dukung tanah. Bagi tanah yang stabil dan mempunyai energi dukung baik, maka pondasinya memerlukan konstruksi yang sederhana. Jika tanahnya labil dan mempunyai energi dukung buruk, maka pondasinya harus lebih kompleks.

Mendesain pondasi harus memperhitungkan penurunan dan energi dukung tanah. Dalam beberapa persoalan contoh turap, defleksi /lendutan pondasi terhitung diikutkan di dalam pertimbangan. Ketika berkata penurunan, yang diperhitungkan biasanya penurunan keseluruhan (keseluruhan bagian pondasi turun bersama-sama) dan penurunan diferensial (sebagian pondasi saja yang turun/miring). Ini sanggup mengakibatkan persoalan bagi struktur yang didukungnya.

Daya dukung pondasi merupakan gabungan dari kapabilitas gesekan tanah pada pondasi (tergantung pada tipe tanah, massa jenis, nilai kohesi adhesi, kedalaman, dsb), kapabilitas tanah di mana ujung pondasi itu berdiri dan terhitung pada bahan pondasi itu sendiri.

Kedalaman tanah dan juga perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya amatlah sulit dipastikan. Oleh dikarenakan itu para pakar geoteknik menghambat beban yang bekerja cuma sepertiga dari kapabilitas desainnya.

Selain itu terhitung podasi harus sanggup mencegah beban :

Beban horizontal/beban geser, seperti beban akibat jenis tekan tanah, pemindahan beban akibat jenis angin pada dinding

Beban hidup, seperti berat sendiri bangunan
Beban hidup, beban orang, air hujan dan salju
Gaya gempa
Gaya angkat air
Momen dan Torsi

Secara garis besar pondasi sanggup dibagi menjadi dua tipe :

1. Pondasi Dangkal

2. Pondasi Dalam