Mari Mengenal Kalender Kesuburan untuk Wanita

0


Mengetahui jaman subur pada wanita merupakan perihal yang penting, terutama jika tengah berencana kehamilan. Peluang terjadinya kehamilan kebanyakan dapat meningkat pada jaman subur.

Ada beberapa cara untuk mengetahui kapan jaman subur Anda datang. Cara yang pertama yakni bersama dengan melakukan perhitungan manual. Namun, seiring berkembangnya waktu, menghitung jaman subur dapat dijalankan bersama dengan mudah. Selain bersama dengan menghitung bersama dengan cara manual, Anda dapat menghitungnya gunakan kalkulator jaman subur yang banyak disediakan oleh website-website kesehatan.

Perhitungan secara otomatis dapat menyebabkan Anda lebih gampang mengetahui kalender kesuburan. Jika Anda masih bingung di dalam menghitung jaman subur, Anda dapat konsultasi dokter online untuk memperoleh penjelasan lebih jelas.

 

Nah, untuk lebih mudahnya, dapat dijelaskan tentang perhitungan jaman subur pada wanita berikut ini.

 

Mengenal jaman subur pada wanita

Masa subur merupakan situasi menjelang ovulasi. Biasanya jaman subur dapat berjalan 2-5 hari sebelum saat terjadinya ovulasi. Ovulasi sendiri merupakan sistem pelepasan sel telur yang sudah matang ke di dalam rahim. Masa ini mutlak untuk diketahui gara-gara dapat tingkatkan peluang terjadinya kehamilan.

Selain itu, sel telur yang sudah dilepas cuma dapat bertahan di dalam jangka kala 12-24 jam saja. Sehingga, sel telur mesti dibuahi sesegera mungkin.

Setiap wanita miliki jaman ovulasi yang berbeda-beda. Hal ini terbujuk oleh lamanya durasi haid pada tiap-tiap bulannya dengan menggunakan kalkulator masa subur. Rata-rata siklus haid wanita berjalan di dalam jangka kala 28 hari. Saat siklus haid berjalan selama 28 hari, kebanyakan jaman subur dapat berjalan pada hari ke-12 sampai hari ke-14 jika dihitung berasal dari hari pertama haid.

Namun, tak jarang siklus haid pada wanita ini jadi tidak tertib gara-gara suatu hal. Kondisi ini pastinya dapat mempengaruhi jaman ovulasi pada tiap bulannya.

 

Cara menghitung jaman subur

Saat menstruasi, Anda pasti sudah punya kebiasaan bersama dengan mencatat tanggal awal siklus menstruasi dan tanggal berakhirnya. Pencatatan ini benar-benar berfungsi untuk menghitung jaman subur secara manual. Biasanya dibutuhkan catatan 8 siklus paling akhir untuk mengetahui jaman subur Anda. Berikut cara menghitungnya:

 

Cari mengetahui siklus menstruasi terpendek

Pada pencatatan 8 siklus terakhir, Anda dapat gunakan siklus yang miliki durasi paling pendek. Selanjutnya, Anda dapat kurangkan kuantitas hari siklus terpendek Anda bersama dengan angka 18. Hasil pengurangan berikut merupakan hari pertama di mana Anda tengah mengalami jaman paling subur.

 

Cari mengetahui siklus menstruasi terpanjang

Carilah siklus terpanjang Anda selama 8 siklus yang sudah dicatat. Anda dapat kurangi kuantitas hari pada siklus menstruasi terpanjang itu bersama dengan angka 11. Hasil berikut merupakan hari paling akhir di mana Anda berada pada situasi paling subur.

Melalui kedua cara tersebut, Anda dapat mengetahui kapan jaman paling subur Anda dimulai dan kapan berakhirnya jaman tersebut. Perhitungan ini sendiri bukanlah sebuah patokan yang pasti. Setelah memperoleh hasil berasal dari perhitungan jaman subur ini, Anda dapat segera memastikannya bersama dengan alat tes jaman subur yang sudah banyak dijual di pasaran.

 

Menghitung jaman subur bersama dengan kalkulator kesuburan

Saat ini, Anda sudah dimudahkan bersama dengan banyaknya fitur yang dapat menghitung kapan jaman subur Anda dapat datang. Banyak sekali website-website kebugaran yang menyediakan fitur ini.

Dengan fitur ini, Anda dapat lebih gampang di dalam memprediksi datangnya jaman subur. Anda kebanyakan cuma mesti memasukkan information diri dan termasuk durasi tiga siklus menstruasi paling akhir Anda.

Setelah mengisi seluruh information yang diperlukan, Anda dapat segera memperoleh hasil perkiraan kapan jaman subur Anda dapat datang. Tidak cuma itu, beberapa situs termasuk menyediakan prediksi kapan siklus menstruasi Anda selanjutnya.

Jika Anda lupa mencatat siklus menstruasi, Anda dapat mencatatnya terutama dahulu sehingga dapat mengisi data-data yang dibutuhkan bersama dengan akurat. Perhitungan ini termasuk tidak dapat dijadikan patokan yang akurat.