7 Rekomendasi Buku untuk Lebih Segera Menyelesaikan Skripsi

0
Posted in Uncategorized By Admin

Mahasiswa yang sedang berada di tingkat akhir, pasti akan melewati fase penyusunan skripsi sebelum mendapatkan gelar kelulusan. Penulisan skripsi bisa jadi bukanlah hal yang mudah, bahkan disebut sebagai tahap menakutkan karena mahasiswa harus mampu menyusun tulisan ilmiah yang tertata dan memiliki sub bab yang jelas sesuai topik penelitian yang diangkat.

Selain itu, penyusun skripsi juga harus mampu mempertanggungjawabkan tulisan ilmiahnya kepada dosen pembimbing tahap demi tahap, sebelum tiba waktunya ujian skripsi atau sidang.

Melansir dari jasa pembuatan skripsi kedokteran, ada tujuh rekomendasi buku yang dapat kamu gunakan saat kamu sedang menjalani skripsi.

Buku-buku di bawah ini berisi tentang metodologi penelitian, tips menulis skripsi dengan mudah, dan lain-lain. Ada juga buku self improvement (pengembangan diri) agar kamu termotivasi dalam penulisan skripsi kamu.

7 rekomendasi buku untuk selesaikan skripsi

1. Sukses Sidang Skripsi (S3)

Buku ini khusus untuk mahasiswa yang sedang mempersiapkan diri menjelang sidang skripsi. Isi buku ini bukanlah buku penuh teori atau metode penelitian, tetapi dikemas dengan lebih bersahabat menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh siapa pun.

Buku ini bisa menjadi teman cerita kamu ketika kamu sedang mengalami hal buruk dengan skripsi atau pembimbing kamu. Buku ini juga bisa membantu dan memberikan energi positif sehingga kamu bisa terus semangat mempersiapkan diri untuk sidang skripsi.

 

2. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi

Buku ini dirancang untuk memudahkan mahasiswa dalam menulis skripsi yang menyajikan sistematika penulisan skripsi, tesis, dan disertasi, baik itu teknik penulisan ilmiah, format-format penulisan, serta konten setiap unsur dalam tulisan ilmiah.

Selain itu, buku ini juga berisi deskripsi detail tentang hal yang harus diketahui dan harus ditulis dalam sebuah skripsi, tesis, dan yang disertai dengan contoh-contoh untuk memudahkan pemahaman sebagai model. Dengan demikian, buku ini akan memandu kamu untuk menyusun tugas akhirmu secara sistematis, komprehensif, kohesif, koheren, logis, dan layak baca.

 

3. Sukses Menyelesaikan Tugas Akhir dan Skripsi dalam 30 Hari

Buku memberi tips dan trik buat kamu para deadliner! Agar skripsimu bisa segera selesai kamu memerlukan dorongan dan motivasi yang kuat, tetapi banyak hal yang menyebabkan penyelesaian skripsi terhambat sehingga menghantui para mahasiswa, mulai dari pemilihan judul yang tepat, penyesuaian dengan karakter dosen pembimbing kurangnya buku referensi, revisi, dan banvak hal lainnya.

Buku ini berisi strategi dan panduan khusus dalam menghadapi ketakutan selama menulis skripsi. Buku ini disusun dari pengalaman banyak orang yang telah berhasil melewati masa-masa petualangan dalam menyusun skripsi dan tugas akhir lainnya.

Oleh karena itu, dengan membaca buku ini, kamu akan dituntun untuk menyelesaikan tugas akhir atau skripsi dengan cepat dan berkualitas. Harapannya, kamu dapat menyelesaikan skripsimu dalam 30 hari.

 

4. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Buku ini memaparkan materi tentang bab-bab yang sangat dibutuhkan untuk penelitian yang disusun secara lengkap dan praktis, sehingga bisa menjadi tuntunan bagi mahasiswa maupun peneliti kuantitatif dan kualitatif yang menghendaki adanya panduan penelitian yang praktis, lengkap, dan mudah dipahami.

Oleh karena itu, buku ini cocok kamu baca untuk mempelajari metode penelitian baik yang kuantitatif ataupun kualitatif.

 

5. Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman

Bagi para mahasiswa jurusan komputer, diperlukan pemahaman dan pengetahuan tentang berbagai teori yang berkaitan dengan analisis perancangan sistem informasi atau rekayasa perangkat lunak yang meliputi teori mengenai sistem, informasi, teknologi, database, tabel, field, record, basis data, struktur data, ERD, DFD, normalisasi, flowchart, UML, use case diagram, activity diagram, sequence diagram, OOP, pemrograman terstruktur, metode migrasi, black box testing, white box testing, dan lain-lain.

Buku ini membahas tentang semua hal yang disebutkan di atas secara lengkap dan sistematis mulai dari teori, fungsi, cara pembuatan hingga contoh-contohnya. Oleh karena itu, buku cocok dijadikan sebagai bahan referensi bagi para mahasiswa untuk menyusun tugas akhir atau skripsi pemrograman, khususnya bagi mahasiswa jurusan IT dan teknik.

 

6. Koleksi Program Tugas Akhir dan Skripsi dengan Android

Menulis skripsi dengan program Android juga dilakukan oleh beberapa mahasiswa. Buat kamu yang sedang menulisnya, buku ini dapat dipakai sebagai referensi dan tambahan ilmu pengetahuan kamu sebab isinya bukan hanya contoh koleksi program tugas akhir dan skripsi dengan Android, tetapi juga materi bermanfaat lainnya.

Materi dalam buku ini disusun mulai dari cara membuat program Login, CRUD database, Menu, hingga project tertentu.

 

7. 100 Kebiasaan Orang Sukses

Ketika kamu sudah memiliki ide dan pengetahuan dalam penyusunan skripsi, maka kamu membutuhkan dorongan selama proses penulisan skripsi yakni berupa kebiasaan baik dan motivasi. Dengan demikian, niat untuk menyelesaikan skripsi tetap terjaga.

Buku ini cocok untuk kamu baca di sela-sela persiapan dan proses menulis karena isinya memuat panduan untuk mewujudkan berbagai impian, dari impian sederhana hingga luar biasa.

Setiap bab dalam buku ini mengandung suatu pemikiran baru yang akan membantu kamu mempelajari serta mengoptimalkan pola pikir dan kebiasaan yang diperlukan untuk sukses dalam pekerjaan dan kehidupan, seperti mengubah pekerjaan menjadi permainan, mengambil waktu istirahat, memercayai naluri diri, memiliki tidur yang cukup.

Oleh karena itu, buku ini dipenuhi pemikiran hebat agar kamu bisa bekerja keras dengan cara yang lebih cerdas dan lebih baik.

Itulah buku-buku yang dapat membuat kamu semangat menyelesaikan skripsi dengan lebih cepat.